alone....

nyokap gw pernah bilang kalau kehidupan itu seperti roda yang berputar.. ada kalanya kita di bawah, ada kalanya kita diatas.. kalo temen gw bilang, jalan kehidupan seseorang itu ada yang lurus, dan ada yang berbelok-belok.. beruntunglah yang punya jalan yang berbelok-belok, karena dari jalan itu dia bisa mengutip pelajaran lebih banyak daripada yang punya jalan lurus... smua ini berawal dari peristiwa "mengenaskan" (alah bahasanya... ;p) temen gw yang di selingkuhin pacarnya. di siang hari yang terik itu, dia tiba-tiba langsung masuk kamar gw sambil nangis tersedu-sedu.. "fit, dia selingkuh..." (sambil nangis yang bertambah keras...) wow..wow... gw yang belum mandi, asyik maen games di datengin ujug-ujug begitu teteup aja ga tau mo berbuat apa selain menenangkannya dan mengusap-usap punggungnya..stelah cerita yang panjang lebar,...panjang sekali,.. dia menceritakannya sampe ke hal-hal detail yang terjadi... panjang juga klo gw ceritain disini... intinya mah, si temen gw ini punya pacar yang udah nembung (bahasa jawanya lamaran) dia. tapi lately si temen gw ini menemukan pacarnya selingkuh dengan teman kantornya. manusia mana si yang ga broken haearted klo di gituin juga yak?? nah,..ntu kejadian udah 6 bulan sejak gw buat tulisan ini... dan si temen gw masi aja ngomongin masalah yang sama... (kinda bored for me.. hehehe.. not a good psychologist.. ) tapi sekarang ya.. ada masalah baru yang timbul... wwwhhhuaa... reality always interesting... ... here the story... 3 bulan terakhir ini, si temen gw ini deket dengan seseorang yang bernama anggaplah Mr.B dan cowonya (yang konon kabarnya skrg mantan.. ) kita anggep Mr.A. Mr.A. harus mengadakan pekerjaan di luar negri.. (wwuiiihhh... jawuh.. LDR cuy..) dan si temen gw 3 bulan terakir ini sering banget jalan dengan Mr.B. gw udah pernah bilang sama si temen gw itu..."ati-ati ya...mungkin aja ada niat lain dibalik di baik banget ma lo..." si temen gw ngejawab gini... " ya ngga lah fit,.. gw ma dia kan pure temenan..." (catet tu ya kata2 barusan!!!! ) and you know what??? hari senen minggu lalu di sore hari yang mendung... si temen gw dateng ke kamar gw bilang begini... "bener fit apa kata lo!!!! ada niat lain dibalik dia baik banget sama gw!!!" (BAH!!! gw bilang juga apa???? ) kira-kira begini nih conversation gw & temen gw.... Temen: ternyata dia serius fit.. gimana dong gw??gw ga enak banget ma dia... abisnya orangnya baik banget.. trus akirnya dia memutuskan mundur.. tapi ya.. waktu dia memutuskan mundur, gw ga nangis waktu kayak gw mutusin Mr.A. gw: ya lo-nya gimana?? lo sedih kehilangan orangnya apa kehilangan perhatiannya?? secra Mr.B ngasi perhatiannya bedakan ma Mr.A? temen: iya.. gw: nah,.. skrg gw tanya lo... lo kenal Mr.A brapa taun? 6 taun kan??? Mr.B?? baru 3 bulan ini kan?? that's something you can not compare... temen: iya ya fit.. gw: (SIGH)... temen: trus gw mesti gimana?? gw: lah?? lo kok nanya gw?? hati lo maunya gimana?? temen: gini nih,.. gw skrg kan udah putus dari Mr.A, nah,.. Mr.A baru pulang ke indo 4 bulan lagi.. setelah waktu 4 bulan itu kita ketemuan lagi.. kalo masi ada cinta ya kita nyambung lagi dan mungkin diterusin ke perkawinan.. klo ngga ada cinta lagi ya udah putus gitu aja... gw: lo yakin bisa menentukan apa kata hati lo dalam 4 bulan ini?? ( sumpa gw judes dan ga ber-empati banget dah ngejawab hampir smua pertanyaan si temen gw ini..so sorry... ) temen: ya ngga juga sih.. gw: nah sekarang lo maunya apa sama Mr.B? temen: ya dia jangan mundur gitu aja dong... gw: menurut gw, Mr.B mundur pasti ada alasannya... nah,.. gw ada contoh ni ya... si M, temen gw, pernah punya secret crush sama seseorang... slama 3 tahun... tapi kemudian si M menemukan klo secret crushnya udah pacaran sama orang lain... M butuh 3 bulan buat settle dengan hatinya..emang sih tiap orang punya waktu yang berbeda untuk bisa settle dengan hatinya.. ada yang cepet, ada yang lama... kalo lo? brapa lama bisa settle dengan hati lo? kalo nih,.. seandeinya lo skrg jalan bareng ma Mr.B, tapi 4 bulan lagi lo ketemu sama Mr.A, dan lo masih belum settle ma hati lo, dan dihati lo masi ada cinta buat Mr.A,... lo nenggang ga perasaannya Mr.B buat lo? temen: iya ya fit.. gw kok ga sampe mikir ke situ ya?? gw: nah,.. lo pikirin lagi deh ya... (dalam hati gw bilang... wwhhoooaaahhh... kmane aje lo??) temen: trus skrg gw mesti gimana dong fit? gw: menurut lo? temen: yah.. kok lo nanya balik.. kan gw pengen tau saran lo?? gw: yayaya..baiklah... (ini nih, tipe orang yang gw paling males... ga bisa nemuin sendiri insight-nya.. problem solving permasalahannya.. apa-apa butuh bantuan orang..padahal, belum tentu juga apa yang gw saranin cocok buat dia laksanakan...) temen: BUZZ gw: klo mnurut gw ya... mending lo settle-in hati lo dulu.. damei dengan hati lo.. lupakanlah mereka berdua untuk sementara... tegaskan sama mereka kalo lo butuh waktu untuk berdamai dengan hati lo.. insya allah sesudah lo berdamai dengan hati lo,.. lo bisa melihat lebih jelas jalan mana yang harus lo tempuh...apakah kedua Mr. itu pilihan lo, atau bahkan ada tawaran dari Mr-Mr. yang lain??? you'll never know... (ahhh,... berasa wise banget waktu bilang ini... ) temen: gitu ya fit... gw: eh,. itu menurut gw lowh ya... mengenai kesanggupan lo,.. ya lo tanya balik aja lagi ma diri lo sendiri.... oh iya satu lagi.. saran gw ya... cobalah lo rubah kata "perkawinan" itu dalam pikiran lo.. yang tadinya target menjadi rencana... kalo lo buat itu menjadi target,.. otomatis lo berusaha keras memenuhinya kan..saat lo ga dapet target lo, lo kecewa berat.. tapi saat lo hanya membuatnya menjadi sebuah rencana...saat lo tidak bisa menjalankannya sesuai rencana, lo mungkin akan tetep kecewa, tapi ga akan sekecewa saat lo menempatkannya di target... ngerti kan lo maksud gw?? temen: iya gw ngerti buk.. makasi ya buk atas sarannya... gw: youre welcome... pelajaran yang gw ambil dari convi ini,... temen gw sedang di belok-belokkan jalan hidupnya... tapi sayangnya si temen gw ini blum mampu memetik pelajaran dari jalannya yang berbelok itu...yang keluar malah keluhan dan ketidakmampuan mengambil keputusan...bahkan dia menggantungkan hidupnya dari saran yang gw berikan..yang belum tentu saran gw itu bisa berhasil sesuai keinginannya... gw berusaha membangun insight-nya untuk menemukan pemecahan masalahnya sendiri... tapi tetep ga bisa... nah,.. buat kita semua, yang lagi dalam masalah,.. boleh dan tidak dilarang memang sharing dengan teman atopun meminta saran,.. tapi ga smua saran bisa di terima secara harfiah gitu aja.. di filter dong... dan berusahalah menemukan insight lo sendiri... karna terkadang kita ga slalu bisa punya tempat untuk sharing...ada kalanya kita bener-bener harus sendirian...

Comments

Popular Posts