Catper UG Day One

kali ini, perjalanan gw rada jauh...dan menghabiskan banyak waktu dijalan, juga menghabiskan duit (whuuuaaa....hiks..hiks..hiks...)

perjalanan ini dimulai dari ide kita (gw dan "abang" gw...)
si abang : "gimana kalo kita ke pantai, abg libur kerja besok??"
si gw: "whuaaaa...... mau..mau..mau...mau banget bang...kemana kita?? pangandaran?? ujung genteng???"
si abang: "pelabuhan ratu aja gimana???"
si gw : "bolehlah slama ada pantainya... i long to see the beach...^_^"
si abang : "sip...sip...kalo gitu searching ya infonya...."

beberapa hari kemudian....

si abang : "kata temen abang, Ujung genteng bagus tuh..."
si gw : "sapa bilang ga bagus bang....???(dalam hati bilang,..prasaan dah lama deh gw koar-koar ditelinga abang kalo gw pengen banget ke UG)"
si abang : " ya udah, kita ke ujung genteng aja..."
si gw : "seriously bang???? whuaaaa.....asyeeekkk...."

kita taruhan biaya perjalanan nih... gw ngebajetin 250rb/org. jadi total kita berdua 500rb. siapa yang kalah dan siapa yang menang???

ikutin perjalanan si gw yaaakkk.... ^_^

Ujung Genteng Trip...
Day One...

dari malem kita udah buat planning pergi abis subuh,..lebih tepatnya ketemuan di simpang dago jam 5 pagi. ini gara-gara gw yang pengen banget makan sala lawuak di sukabumi...(kenapa gw pengen makan sala lawuak??gara-gara si abang yang buat status di fesbuk makan sala lawuak di sukabumi...) apa itu sala lawuak?? sala lawuak itu salah satu makanan khas padang yang terbuat dari tepung kuning + ikan asin + bumbu2 + daun jeruk = kemudian dibentuk bulat-bulat menyerupai onde-onde dan digoreng. makannya bisa pake lontong padang atopun kuah cabe yang cair... uuuuuummm,... yummoo...
oke, slesei cerita sala lawuaknya...

akhirnya,..si gw dibangunin si abang jam 6 pagi di kosan...whuaaaa.....kesiangan gw...berikut si abang komplain..katanya jam 5 pagi disimpang????? brubung tadi malem handphonenya si abang ketinggalan dikosan gw..jadilah ia tak bisa menelfon gw...hiks..hiks..hiks..
buru-buru mandi pagi...langsung deh cabuttt....

kita jalan kaki dari kosan gw ke dipatiukur buat naek damri ke leuwi panjang... bandung-leuwi panjang menghabiskan ongkos Rp. 3600 SAJA... (murah yaaa????) lamanya bandung-leuwi panjang kira-kira 1 jam berikut pake ngetem dan naik turun penumpang...
nyampe leuwi panjang,...perut mule protes belum diisi...gw nyaranin kita sarapan dulu disini...(leuwi panjang.red) tapi si abang bilang, kita beli cemilan aja...akhirnya, kita beli cemilan dulu di alfamart...udah abis aja 27rebu buat beli cemilan...

abis beli cemilan kita langsung menuju tempat ngetemnya bus-bus luar kota... sempat terbersit niat gw mau naek bus ekonomi,..trus datenglah kompor yang panas dari si abang, "udah,...kita naek yang AC aja..cuma beda 6rebu kok...."
"ting..ting...gw tergoda..." finally kita naek bus MGI AC jurusan Sukabumi dengan tiket seharga 21rebu...brum..brum,..berangkatlah bus meninggalkan terminal,..setelah ngetem skirat 45 menit... tadinya niat gw sepanjang perjalanan akan terus terjaga, tapi apa mau dikata, mata gw udah keburu pengen ditutup aja... ditengah perjalanan,...di daerah cisaat...gw sempet kebangun, dan si abang mulai mengoceh apa yang ada di perjalanan itu... dia mulai menunjukkan gw gunung tempat produksi granit.

WHUAAA??? GRANIT??? mendengar kata itu pikiran gw langsung melayang ke kitchen set baru mama yang mahalnya naudzubillah cuma karena granit yang gw pilih... hihihihi....so sorry mom...


3 jam kemudian, sampailah kita di terminal kota sukabumi... si gw mulai clingak-clinguk sana-sini...dan mulai berkata sendiri dalam pikiran gw..."begini toh, kota sukabumi..." si abang udah mule cas..cis..cus..lagi tentang kota sukabumi. dimana dia biasa nungguin bus setelah turun dari gunung salak-lah...(maklum,..orang yang kerja digunung salak, satu-satunya kota terdekat ya sukabumi...hihihihi...) trus dimana pull shuttle kendaraannya menuju gunung salak-lah...dan laen-laen... di Sukabumi, gw beneran menjadikan si abang satu-satunya tour guide gw...heu..(secara dia yang paling hapal ma tu kota... )

dari belakang terminal kota sukabumi, kita nyegat angkot buat ke alun-alun kota... naek angkot yang warna ijo terus turun di depan mesjid raya sukabumi... lanjut makan siang di rumah makan padang yang menjual sala lawuak (masih tetep kekeuh mau makan sala lawuak gw...tapi GAGAL TOTAL...udah kesiangan cuy...mana ada lontong sayur disiang bolong???) kita putuskan berangkat ke UG setelah sholat dzuhur...

dari rumah makan padang yang ada di deket alun-alun kota sukabumi, kita jalan kaki ke belakang pasar sukabumi buat nyegat angkot menuju terminal Lembur Situ. menurut petunjuk yang gw dapet dari internet dan mas yang punya rumah makan padang, kalo mau ke UG mesti ke Surade dulu. dan kendaraan menuju surade itu ada di terminal Lembur Situ (kabupaten Sukabumi). dari belakang pasar menuju terminal lembur situ ongkos angkotnya 4rebu/ orang...(muaaahhaalll yaaa??? tapi emang rada jauh sih...hehe...)

nyampe terminal Lembur Situ kita langsung diserbu para kenek ELF menuju surade...pertanyaanya gini...
"mau kamana a'??Ujung genteng?? hayu..hayu...a'..teh...naik yang ini aja..." sambil ngegiring kita ke ELF-nya...
cukup banyak ELF yang nangkring disitu...setelah memilih ELF yang mau kita naikin,..si abang dengan santainya memaksa gw buat naik dengan menggeser kresek orang lain. menurut perkiraan gw, tu tempat duduk udah diattack-in ma orang laen... tapi brubung orangnya juga ga ada, dan si mas-mas kernetnya memaksa kita untuk masuk, kita geser aja tu kresek dan memberikannya pada kernet ELF. ga lama kemudian, si empunya kresek dateng dan bertanya-tanya dimana kreseknya... dengan tampang tanpa rasa bersalah, kita cuma cengo' dan bilang kalo dikasi sama kernet ELF-nya. (padahal sebenernya kita merasa bersalah banget tu...trus ngikutin perkembangan si kantong kresek hingga akhirnya nemu...dan feel relief setelah ketemu...sambil cekikikan,..hihihii...alhamdulillah ketemu kreseknya...) setelah ELF-nya penuh (jangan bayangin seperti mobil travel jakarta-bandung... ELF jakarta-bandung isinya cuma 10-12 orang...ELF Lembur Situ-Surade isinya 14 orang di dalem mobil, 2 ngegelantung di pintu, 2-3 orang diatas mobil..ini kategori penuhnya...ckckckck...) ELF mulai berjalan ke pintu terminal...tapi kemudian berhenti dan seorang petugas pemerintah khusus terminal memasuki mobil dan mulai memungut uang. uang apa ini??? ternyata uang retribusi...1 orang dikenakan biaya 500perak aja.. tapi lately gw nyadar, ini sepertinya retribusi liar. karena sang petugas tidak memberikan kita karcis retribusinya.... (hmmm,... lagi-lagi gw mengeluhkan indonesia...ckckckc...) setelah ELF-nya beneran mulai jalan...gw mulai mencoba lagi untuk menikmati perjalanan ini,...tapi...lagi-lagi mata gw ga bisa diajak kompromi...mau si supir ngebutnya kaya' sumacher juga di jalan yang penuh lobang dan galian sana-sini,..gw ga peduli...tidur ya tidur aja... heu...

3 JAM!!! setelah 3 jam kita baru bisa nyampe Surade!!! keren yaaa?????LAMAAAAA BENEERR....?????!!!!! desa-desa yang kita lewatin selama perjalanan dari Lembur Situ menuju Surade ada : Jampang Kulon, Lengkong, Bojong Jengkol, Kiara Dua, dll..(lupa gw selebihnya..) dan ongkos ELF Lembur Situ-Surade adalah 22Rebu..
sesampainya kita di Surade udah sore tuh,..sekitar jam setengah 4-an...clingak-clinguk kanan-kiri nyari angkot di terminal Surade...dan...tadaaa... TIDAK ADA!!!
ternyata para OJEKERS udah menanti kita dan langsung menebak arah tujuan kita...
YAK!!! tepat sekali...UJUNG GENTENG!!! dan taukah berapa ongkos ojek yang mereka tawarkan??? 70Rebu buat dua motor! MANTEEEBBFFF... lebih mahal daripada taxi di bandung... tawar-menawar mau ngga mau harus dilakukan....akhirnya harga kita berhenti di 40Rebu buat 2 motor. sang ojekers-pun setuju...
satu kesalahan yang gw buat disaat naik ojek adalah menunjukkan ketidaktahuan dan kepolosan gw tentang UG. jadilah gw di tepu abis-abisan sama si tukang ojek. sebelumnya gw emang udah searching penginapan di internet. tapi ga ada yang memberikan harga yang memuaskan. lagian kita cuma ber-2 masa mesti nyewa 1 rumah? sang tukang ojek memberikan gw tawaran penginapan yang harganya cuma 35Rebu/malam. (menggiurkan memang...mengingat bajet dan taruhan gw...heheh...) tapi setelah kita datengin tu penginapan.. beneran ga menjanjikan adanya kehidupan..dan jauh dari pantai...akhirnya kita SKIP penginapan itu... lalu kita minta dianter ke desa kelapa condong. menurut resensi gw, di desa itu banyak banget penginapan dengan rate harga yang juga macem-macem. setelah melewati beberapa penginapan yang menurut asumsi gw disewakan per-rumah, kita minta dianterin ke desa Cibuaya. menurut info, di desa itu, rumah penduduklah yang disewakan. asumsi gw lagi nih,...pasti lebih murah... TAPI kenyataannya... malah LEBIH MAHAL!!! mereka ga ada satupun yang mau menyewakan per-kamar... (fiuh...padahal badan udah letih... tapi sebenernya rada terhapuskan, karena kita jalan dipinggir pantai dengan pemandangan matahari mau terbenam... SUNSET cuy!!!!! dan kilau keemasannya yang menghapus lelah gw... hmmmm,....ingin segera menikmatinya....)
Ojekers mengusulkan ke Big Rocks saja... setelah diturutin,..bukan saja menemukan penginapan yang lebih mahal, tapi ongkos ojeknya-pun harus di negosiasikan ulang lagi... and,...kita kembali ke titik harga awal 70Rebu buat 2 motor. DAMN!!!! (abis bajet gw klo kyk gini... alamat kalah taruhan nih.... ) kita-pun minta diberhentikan di depan Pondok Hexa aja...itu salah satu best recomended internet buat sewa perkamar...bukan per-rumah..

Pondok Hexa ini, selain bisa menyewakan per-kamar, letaknya juga strategis. persis didepan pantai... tinggal jalan beberapa langkah, udah ada tempat duduk yang sengaja dibuat untuk menikmati indahnya samudra indonesia... mengenai rate per-kamar yang paling murah adalah 115Rebu. tipe kamarnya : LOBSTER...

setelah dealing dengan pengurus penginapan rencana kita mandi dan prepare liat sunset... LAGI-LAGI kenyataannya berbeda... udah keburu cape... jadi aja kita abis mandi langsung tepar ketiduran... hingga pagi.... hehehhehe....

ini tipe Lobster yang kita huni buat 2 malem...

Comments

Popular Posts