menanggapi pembahasan kasus penangkapan Susno Duaji... T_T

pagi ini saya disuguhkan kasus penangkapan Susno Duaji,
yang menurut berita adalah tokoh penting yang mengungkapkan permasalahan 'makelar kasus' di dunia hukum Indonesia.

lalu ada sebuah program 'apa kabar indonesia' di tivi one.
yang didalam acaranya ada semacam pembahasan penangkapan Susno Duaji,..
well, yah,..
akhir-akhir ini "SINETRON" politik Indonesia lebih menarik dibandingkan sinetron sebenarnya yang dibuat production house... ironis.

menurut pendapat sahabat saya,

"sebenarnya politik Indonesia sedang berkembang pesat"

tapi menurut saya,

kebanyakan yang terjadi adalah hal-hal yang ironis.
yang menyayat mata jika melihatnya.
jika memikirkannya.
untuk itu saya lebih sering berusaha untuk tidak terlalu menanggapi lantas ikutan berdemo seperti 'hobby'nya para mahasiswa.
tapi saya tetap peduli.

then, balik lagi mengenai program televisi tersebut,
sebenarnya untuk beberapa waktu, kadang-kadang saya menyempatkan mendengarkan pembahasan-pembahasan mereka.
jadi saya cukup bisa meng-observasi perkataan-perkataan yang dilemparkan komentator.

yang menarik bagi saya setiap ada masalah hukum yang terjadi di Indonesia,
komentator sangat, sangat, sangat suka bercermin pada Amerika.

"coba lihat, kalo di Amerika ada begini, sayangnya di Indonesia tidak ada.. jadi kita tidak melindungi orang yang seharusnya dilindungi.."

"di Amerika begini,. di Eropa begini, sayang disini tidak bisa begitu,.."

"dsb,..dsb,..dsb,.."

kenapa harus bercermin pada mereka? negara-negara itu?
kenapa salalu menyalahkan aturan hukum yang ada di negara ini?
bukankah setiap bentuk hukum yang ada disetiap negara tidak ada yang sempurna kecuali negara tersebut membuat aturan hukum berdasarkan hukum-hukum yang ditetapkan Tuhan dalam Kitab-Nya?
kenapa tidak berusaha memperbaikinya jika ada yang salah menurut menurut moral mereka?
tidak bisa sempurna?
ah, bukankah manusia tidak pernah punya Haq untuk sempurna?

Comments

Popular Posts