Rorschach

Berawal dari pernyataan sahabat saya yang sedang S2 klinis anak di UI,
"Rorschach katanya mau dihapus dari kurikulum S1 psikologi kita,."

Kita disini maksudnya unisba & unpad yang dlm silabus mata kuliahnya ada rorschach beserta praktikum-praktikumnya,..

Saya komentar, "hmm,.kok gitu yaaa?? Kan rorschach penting,."

trus, niat awal bimbingan kamis lalu, berubah jadi chit-chat sama dosen pembimbing saya yg rock&roll abis,.. :D
lama-lama ngobrol, munculah topik rorschach, langsung saya tanya kebenaran kabar,..

"saya denger, rorschach mau dihilangkan dri mata kuliah kita ya pak? Beneran pak?"

Dosen saya sambil menghisap djarum super dengan santainya, ngejawab begini,.

"iya,. Katanya sih begitu,. Keputusan konsorsium, mungkin org yg mutusin konsorsiumnya ga psikolog, jd gitu deh keputusannya,. Kurang tau juga gw,."

Oke, dosen saya emang slalu pake lo-gw klo ngomong dengan mahasiswa bimbingannya,.. Thats why i call him rock&roll,. ^^

Menanggapi dosen saya,.
"wah, emang unpad terima hal seperti itu pak?"

Dosen saya nyahut lagi,.
"seharusnya sih ga terima,."

Dan kemaren, ngobrol sama 'nti dipelataran fakultas krn menunggu kang ali yg tak kunjung dateng, saya denger juga kabar itu akhirnya,..
begini katanya,..

"iya kak, di 2008 dan 2009 nanti mereka ga ada rorschach lg,. 2008 masi mulai praktikum di sems 3 kyk kita, tp 2009 mulai praktikumnya di sems 4. Itupun ktnya ga akan se-mendalam yg pernah kita lakukan."

Komentar saya saat itu,."kasian ya,.."

Well,.. Kenapa????

Awal kenalan sama rorschach beserta alat tesnya,. Saya memang diliputi berbagai macam perasaan,. Ada seneng, tapi juga ada takut,. Takut kalo saya ga bisa dengan benar membaca hasil dari tes yg dilakukan,.

As times flied,. Saya jadi menyukai rorschach, apalagi bagian analisanya,.dinamika kepribadian yg tampil, hal-hal dibawah sadar yg muncul dari pernyataan yg dituangkan setelah melihat gambar-gambar,.
and i do admired it,.

Setelah mendengar beberapa pernyataan dari temen2 saya yg sedang S2 di UI atopun UNPAD,.
Mahasiswa yg saat S1nya tidak diberi introduction rorschach, aga keteteran saat harus kuliah rorscach di S2..
Alhamdulillah itu ga terjadi utk S1 yg berasal dri unpad atau unisba,.

What a great HELP?? Just an introduction for 2 semester, make your way to understand rorschach more easier when you take a master degree.

ilmunya jadi bertambah sedikit di S1,. Sayaaaaannnggg sekali,.. >.<
Padahal ilmu yg saya dapatkan sekarang juga sudah ada dikurangi dari kurikulum psikologi jaman dulu,.
Kaya hypnosis, ato hipnotis bahasa awamnya, udah ga diajarkan,
Even though i really want to know that knowledge,.
Alhasil, skrg kalo mau tau ilmu itu harus ikut seminar yang biayanya bukan sedikit hanya utk 2x pertemuan.. Huhuhu,..

Mengenai bener ato tidaknya rorschach ga dipake lagi utk akt '08 ato '09 unisba, saya belum tau pasti,.

Tapi kalo itu bener adanya,
Alhamdulillah, saya berkesempatan mengecap ilmu rorschach itu,.. ^^

Comments

Popular Posts